Wonderful Indonesia
PERISA YUSMAR YUSUF
Tangkai
Minggu, 06 Agustus 2017 - 00:02 WIB > Dibaca 620 kali Print | Komentar
Berita Terkait

Kata-kata berakhiran “ai” dalam bahasa Melayu, sebagian besar menghidang suasana panjang, tinggi; tangkai, tungkai, suntai, sampai, semampai, jurai, burai dan seterusnya. Makhluk yang lekat dengan peristiwa tangkai itu adalah makhluk nabati (botani, vegetasi) alias tumbuh-tumbuhan. Pada setiap dahan dan ranting, selalu menyediakan tangkai untuk sangkar putik jelang membesar dan ranum lalu dinamakan buah. Pada ketika yang lain, tangkai itu malah mengukuhkan daun yang melekat. Sehingga, sesuai dengan nama dan pembawaannya, maka tangkai itu menghidang sesuatu yang panjang, jauh, rengkuh, tarik, tolak dan sekaligus “menyalur” zat makanan dari akar tanaman menuju putik (buah).

Begitulah tangkai pada manusia, yang dialamatkan kepada lengan yang dua bilah. Tangkai lengan itu bak dahan yang panjang bagi tanaman. Lewat lengan manusia menggores karya di gunung-gunung batu di Yaman purba. Lewat keperkasaan lengan pula, kisah dan perjalanan sejarah pemukiman manusia seperti kota tua Petra Yordania difahami secara berangkai dan penuh decak kagum. Lewat kekuatan tangkai dan imajinasi intelektual manusia Cina, terbangun tembok raksasa sepanjang ribuan mil, memecah kebekuan gunung, lembah, lereng, ngarai bahkan hingga menjilat pantai. Orang-orang Inca di dataran tinggi Peru membangun kesadaran ruang dan waktu di puncak gunung menjadi Maccu Piccu. Dam raksasa yang membendung sungai nil, begitu pula wadi raksasa di Yaman, tak lepas dari gerak tangkai lengan manusia kala itu yang berkecipas.

Tanpa tangkai, manusia tak kan mampu menungkai (berdiri di atas tumpuan dua bilah kaki). Ketika dua bilah kaki menegak, maka tangkai lengan menjadi penyeimbang, sehingga tubuh tak huyung, tak doyong, tak condong. Manusia pitecantropus pun hadir berkat kemampuan tangkai lengan. Peristiwa tegak (erectus) yang dilekatkan pada imbuhan akhir pitecantropus itu, seakan-akan ingin menggiring, bahwa fungsi bilah kaki lah yang paling dominan membuat tegakan tubuh itu menjadi kokoh. Padahal, badan yang menegak karena diampu oleh dua bilah kaki, tanpa penyeimbang dari tangkai lengan (dahan dalam dunia vegetasi), maka tegakan itu tidak akan sempurna. Sekaligus, tegakan itu tidak akan dinamis; alias tegakan yang tak menghasilkan gerak. Bayangkan sebatang tubuh yang tak memproduksi gerak, dia tak lebih dari mayat yang maujud dalam tegakan. Dia hanya mempersembahkan aura kematian.

Begitulah kebudayaan Melayu hari ini. Dia hanya tegak dari hasil ampuan bilah kaki (yang katanya kokoh), akan tetapi tanpa lengan penyeimbang. Posisi tangkai (lengan) tak saja menjadi penyeimbang, akan tetapi sekaligus berfungsi menyapa yang jauh, merengkuh yang sayup, merangkul yang dekat, melindungi yang lemah, menerjang sesuatu yang jahat, menarik yang berjarak. Artinya, lewat tangkai lenganlah segala bentuk dialog dibangun. Sebuah kebudayaan tanpa dialog, dia tak lebih dari materia beku yang tersadai di penampang ruang. Dia tak bernilai. Sebab, nilainya hanya satu; mengusung kebenaran tunggal. Kebudayaan itu bukan fenomena kebenaran tunggal. Ketika dia “menunggalkan kebenaran”, pada ketika itulah terjadi klaim sepihak tentang kemenangan. Namun kemenangan versi orang-orang kalah. Mereka yang anti dialog, adalah sejumlah orang-orang yang membangun kemenangan dalam versi sepihak (membeku).
Kaitan dengan kekuasaan dan politik, juga memerlukan tangkai yang kukuh dan panjang.

Fungsinya bukan untuk melanggengkan kekuasaan, akan tetapi lebih berfungsi selaku pelayan, bukan penguasa. Tangkai lengan yang terlalu kuat dari segi kuasa, akan melelehkan kaidah dialog dan kebersamaan itu sendiri. Namun, ketika tangkai lengan yang kuat dan digunakan sebagai pelayan, maka dia akan menjadi setawar sedingin bagi orang-orang lemah, duafa, mereka-mereka yang dikaumkan dalam segerombolan oiketai, dan sekaligus membangun kesadaran membunga tentang hidup berbagi dan memberi. Kekuasaan yang dipegang, bukan untuk menangguk untung, tetapi kekuasaan yang telah berada dalam genggaman tangan seorang penguasa adalah instrumen yang paling mangkus untuk menyampaikan kebajikan (virtue). Kekuasaan (politik) sebagai bagian dari kebudayaan, tidak akan pernah bajik, kalau dia tak diserbukkan dengan orientasi laku yang bijak (wise). Kekuasaan yang tak beralas pada platform bijak, dia hanya menjadi pemangkah kebudayaan hingga terpelanting ke pinggir jurang peradaban.

Dialog, apa pun bentuk dan maujudnya menjadi penting ketika kita berikhtiar untuk mematangkan kebudayaan dan kekuasaan. Sehingga kebudayaan dan kekuasaan menjadi alat penyebar kebajikan bersama, untuk kehidupan bersama, tak saja kehidupan dalam lingkup peri kemanusiaan, akan tetapi merengkuh lebih jauh dari itu; kehidupan yang berbasis pada peri-kemakhlukan (segenap gempita makhluk dan semesta kehidupan).  Dan, hari ini di depan mata kita, tersisa segala bentuk bengkalai kebudayaan yang tak sudah dan tak selesai oleh sebab kelalaian kita di masa lalu. Kelalaian itu tak boleh terulang lagi (keledai tak kan terantuk pada batu yang sama).

Peran tangkai dan tungkai menjadi signifikan dalam kancah kebudayaan dan politik yang bercelaru. Kita tak bisa semena-mena mengenderai demokrasi. Kita pun tak bisa secara ceroboh menunggangi kenderaan bernama demokrasi. Sebab, demokrasi yang diurus secara ceroboh (baik oleh kekuasaan maupun oleh kebudayaan) dia akan mengundang serangkaian tindakan membatu. Bak kata ahli-ahli politik: “Demokrasi itu tak lebih dari kata-kata. Dia akan meleleh di depan senapang”. Kita berdemokrasi hari ini, adalah sebuah cara memfestivalkan kuasa rakyat (demos) dalam kaidah-kaidah peradaban. Bukan untuk memperkaya diri atau memperkaya kaum kerabat.

Akan tetapi demi membangun kemanusiaan dan peradaban yang jelita, dengan satu tujuan besar; menciptakan kehidupan yang berbahagia. Bukan kehidupan yang sejahtera. Sebab, ketika orang yang sudah berkecukupan dan hidup sejahtera, belum tentu dia mampun “happiness harvesting” (memanen kebahagian); dalam rumah tangga, dalam lingkup warga dan masyarakat, dalam lingkup hidup yang lebih luas bernama negara dan bangsa. Maka, ketika berkehendak membesarkan kebudayaan, kita tak bisa melupakan peran dan fungsi tangkai lengan yang kokoh demi menjadi jembatan bagi dialog dengan kebudayaan-kebudayaan lain. Semuanya itu dengan satu matlamat: kita menjadi besar karena kehadiran yang lain-lain...***
    

Graha Pena Riau Space for Rent
KOMENTAR
Berita Update
SIDANG TAHUNAN
Setelah Doakan Jokowi Gemuk, Tifatul Minta Pemimpin Takut kepada Tuhan
Rabu, 16 Agustus 2017 - 20:06 wib
NOTA RAPBN 2018
Cukai Plastik Kembali Dipungut Pemerintah Tahun Depan
Rabu, 16 Agustus 2017 - 19:59 wib
DAKWAAN JPU KPK
Dua Pejabat Kemendes Terancam 5 Tahun Penjara dalam Kasus Suap
Rabu, 16 Agustus 2017 - 19:57 wib
DITARGETKAN SELESAI TAHUN DEPAN
Kirim Jutaan Blanko, Mendagri Minta Masyarakat Segera Rekam e-KTP
Rabu, 16 Agustus 2017 - 19:52 wib
SIDANG TAHUNAN
Kritik Pidato Jokowi soal Lembaga Negara, Fadli Singgung Pembubaran Ormas
Rabu, 16 Agustus 2017 - 19:48 wib
SIDANG TAHUNAN
Ternyata, Ketua MPR Sudah Izinkan Tifatul Doakan Jokowi Supaya Gemuk
Rabu, 16 Agustus 2017 - 19:38 wib
SIDANG TAHUNAN
Jokowi Bangga, 72 Tahun Indonesia Tanpa Perang Saudara
Rabu, 16 Agustus 2017 - 19:33 wib
SIDANG TAHUNAN
Tidak Sesuai Realita, Pidato Jokowi soal Ekonomi Dikritik Fadli Zon
Rabu, 16 Agustus 2017 - 19:27 wib
PIDATO JOKOWI DI SIDANG TAHUNAN
Kepercayaan Tinggi dari Rakyat Harus Didapatkan Semua Lembaga Negara
Rabu, 16 Agustus 2017 - 19:24 wib
PIDATO KENEGARAAN DI SIDANG TAHUHAN
Ketika Komitmen Jokowi Perkuat KPK Terganjal Pansus dan Revisi UU
Rabu, 16 Agustus 2017 - 19:00 wib
Cari Berita
Kebudayaan Terbaru
Pengurus IKBSD Dikukuhkan

Selasa, 15 Agustus 2017 - 10:35 WIB

Pantun Menuntun Santun

Minggu, 13 Agustus 2017 - 20:56 WIB

Integritas tak Sepintas

Minggu, 13 Agustus 2017 - 17:27 WIB

Sajak-Sajak Hang Kafrawi

Minggu, 13 Agustus 2017 - 01:10 WIB

Bahasa Ibu dan Anak-Anak Milenial

Minggu, 13 Agustus 2017 - 00:54 WIB

sumatranet
Ranggi Riau Pos
loading...
Follow Us